Kemah Kaldera Toba ke-3 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut di Humbahas

Kemah Kaldera Toba ke-3 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut berlangsung di Kabupaten Humbahas. Tepatnya di Geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan.

topmetro.news – Kemah Kaldera Toba ke-3 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut berlangsung di Kabupaten Humbahas. Tepatnya di Geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan.

Kemah itu dilaksanakan selama 3 hari dan kegiatan dibuka Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut H Nurdin Lubis SH MM, Kamis (2/11/2023). Pembukaan berawal dengan penampilan Tarian Tumba persembahan anak-anak sekolah dari Kecamatan Paranginan.

Hadir dalam pembukaan itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Jakkon H Marbun SE, Kadis Pendidikan Drs Jonny Gultom, Kasatpol PP Drs Vandeik Simanungkalit. Hadir juga, Danramil 07/Lintongnihuta Kapten CTP H AZM Siregar SIP, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, dan lainnya.

Nurdin Lubis menjelaskan Kemah Kaldera Toba merupakan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Sumut. Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Sedangkan Toba merupakan nama danau di Sumut yang memiliki nilai sejarah serta budaya.

Kemah juga merupakan upaya mendukung pengembangan potensi bermasyarakat dalam diri peserta, sebagai kader pemimpin di gerakan Pramuka dan masyarakat. Kaldera Toba ke-3 di Sipinsur Humbahas agar seluruh elemen masyarakat, khususnya anggota Pramuka, mempromosikan seluruh geosite yang ada di Kaldera Toba. Di mana Danau Toba salah satu destinasi wisata superprioritas.

Jakkon Marbun mengatakan, atas nama Pemkab Humbahas menyambut baik pelaksanaan Kemah Kaldera Toba di Objek Wisata Sipinsur. “Semoga kegiatan terlaksana dengan baik,” harapnya.

reporter | S Marihot Pakpahan.

Related posts

Leave a Comment